23.4.15

Terisolasi 60 Ribu Tahun, Penghuni Pulau Ini Bunuh Setiap Pendatang


Pemerintah India, yang membawahi wilayah tersebut, telah mencoba untuk melakukan kontak dengan suku Sentinelese yang menghuni pulau itu.

Dan demi keamanan, siapapun dianggap ilegal bisa pergi ke sana. Dan pendatang yang mau ke sana harus berada di radius 1,5 kilometer dari pantai pulau.

Survival International yang mengadvokasi hak-hak kelompok suku, mengklaim bahwa nelayan lokal secara teratur telah memasuki perairan pulau tersebut.

Namun sebelum mereka mendarat ke pulau itu, pihak berwenang telah menangkap mereka. Organisasi itu pun takut kebijakan tersebut bakal mengancam kelangsungan hidup suku itu.



"Satu-satunya cara pemerintah Andaman dapat mencegah pemusnahan suku lain adalah untuk memastikan Sentinel Utara Pulau dilindungi dari pihak luar,” ujar Direktur Survival International, Stephen Corry, seperti dirilis Mirror, Kamis (23/4/2015).

Dia mencontohkan, akibat ulah pemerintah suku-suku Andaman Besar dari Kepulauan Andaman India hancur oleh penyakit ketika Inggris menjajah pulau pada era 1800-an.

“Yang terbaru adalah kepunahan Suku Bo, yang anggota terakhir meninggal hanya empat tahun yang lalu,” ujarnya.

0 komentar:

Post a Comment