28.8.12

Neil Armstrong dan Jejak Bersejarahnya

Neil Armstrong dan Jejak Bersejarahnya

Hari Jumat Neil Armstrong Di makamkan

Neil Armstrong dan Jejak Bersejarahnya
, Kabar mengenai Neil Armstrong, yang meninggal dunia Sabtu pekan lalu akan dimakamkan Jumat pekan ini dekat rumahnya di Cincinnati, Ohio.sungguh sangat mengaggetkan kemajuan dunia masa depan.

Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) telah memgonfirmasikan kabar ini, tulis stasiun televisi ABC dalam laman internetnya abcnews.go.com, Selasa.

Neil Armstrong dan Jejak Bersejarahnya

Pemakaman ini bersifat pribadi, kendati Senator Rob Portman dari Ohio yang menyebut Armstrong sebagai teman dan penasihat yang baik akan menghadirinya guna menyampaikan pidato pepujian terakhir.

Sementara kabar bahwa Armstrong akan menjalani upacara pemakaman secara kenegaraan belum dapat dikonfirmasi, namun Gedung Putih telah menyampaikan pengumuman pemasangan bendera setengah tiang Jumat lalu.

Sementara itu, Armstrong Air & Space Museum di tempat kelahiran Armstrong di Wapakoneta, Ohio, berencana menggelar upacara penghormatan Rabu malam waktu setempat, sedangkan Universitas Purdue di Indiana di mana Armstrong berkuliah rekayasa aeronotika telah mengumumkan upacara pemakaman hari ini.



Video streaming mengenai pemakaman ini bisa didapatkan dari laman Universitas Purdue.

Sejauh ini keluarganya menyatakan Armstrong menolak disebut pahlawan Amerika, sebaliknya dia selalu menganggap dirinya hanya melakukan apa yang menjadi tugasnya.

Armstrong yang mengomandani misi ke Bulan pada 1969, lalu menjadi manusia pertama yang berjalan di Bulan, meninggal dunia hari Sabtu lalu karena komplikasi serangan jantung.

Keluarganya tidak mau mengungkapkan di mana tepatnya dia meninggal dunia, kendati dia menghabiskan dekade-dekade terakhir hidupnya di daerah asalnya di Ohio.

Penghormatan untuk Armstrong juga datang dari berbagai sudut dunia —dari Presiden Obama dan Mitt Romney, sampai para astronot dan selebritis-- tapi keluarga Armstrong meminta orang-orang untuk mencerapi kata-katanya.  Neil Armstrong dan Jejak Bersejarahnya

"Hormatilah teladan hidupnya, pencapapainnya dan kerendahan hatinya," kata mereka selagi mengumumkan kematian sang astronot besar itu, "dan ketika Anda berjalan keluar pada malam yang cerah dan melihat rembulan tersenyum pada Anda, pikirkanlah Neil Armstrong dan berilah dia kerlipan.”

AS Peringati Neil Armstrong

Amerika Serikat sedang memperingati pahlawan mereka, Neil Armstrong, si manusia pertama yang beberapa puluh tahun lalu mendarat di bulan.
Namun, cara memperingatinya bukanlah dengan memajang foto Neil Armstrong. Kantor kepresidenan Gedung Putih malah menerbitkan foto Presiden Obama.

Neil Armstrong dan Jejak Bersejarahnya

Setelah Neil meninggal dunia pada Sabtu dalam usia 82 tahun, tim Obama memilih memperingati hari itu dengan mengunggah foto sang presiden menatap bulan di akun Tumblr.

Di foto tersebut ada kutipan tambahan dari Obama, "Semangat Neil masih mengalir pada semua lelaki dan perempuan yang mendedikasikan dirinya untuk menyelidiki kehidupan di tempat misterius -- termasuk orang-orang yang memastikan bahwa kami mencapai kemajuan di angkasa. Itu adalah warisan dari seorang lelaki yang mengajarkan kita betapa besarnya kekuatan dari satu langkah kecil."

Bagi blogger SooperMexican, penghinaan bagi Neil Armstrong bukan hanya pada pemilihan foto yang diunggah Obama, namun juga karena foto itu adalah koleksi foto Obama pada 2012 yang diambil empat bulan lalu.

"Presiden menghormati meninggalnya pahlawan Amerika dengan cara yang egois dan buruk," kata dia.

Armstrong yang menjadi pilot Apollo 11 dalam misi mendarat di bulan pada 20 Juli 1969 itu meninggal pada 25 Agustus 2012 di Cincinnati karena komplikasi usai operasi jantung.

Dia dikenal dengan kutipan "one small step for man; one giant leap for mankind" saat menjejakkan kaki ke permukaan bulan, mewujudkan target yang diperintahkan Presiden John F.Kennedy delapan tahun sebelumnya.  Neil Armstrong dan Jejak Bersejarahnya

Untuk menghormati mantan astronot itu, Obama mengumumkan bahwa bendera-bendera di White House dan semua gedung publik akan dinaikkan setengah tiang pada Jumat, hari ketika Armstrong akan dimakamkan.

"Neil adalah salah satu pahlawan Amerika yang terhebat, tidak hanya pada eranya, tapi sepanjang waktu," kata Obama saat memberi tanggapan setelah berita meninggalnya Armstrong merebak.

"(Dia dan krunya) berhasil menunjukkan pada dunia bahwa semangat Amerika bisa melampaui apa yang awalnya dinilai sebagai tidak mungkin, bahwa dengan aksi dan kecerdikan semuanya menjadi mungkin," kata Obama.

Upacara pemakaman pribadi untuk Armstrong rencananya akan dilaksanakan di Cincinnati pada Jumat.

Neil Armstrong dan Jejak Bersejarahnya

Sebelumnya ada beberapa diskusi tentang upacara pemakaman nasional untuk Armstrong yang sering menjauhi ketenaran usai menyelesaikan misi bersejarahnya. Namun, juru bicara dari keluarga menyatakan rencana itu belum dibicarakan hingga detil.

Armstrong lahir tanggal 5 Agustus tahun 1930 di Wapakoneta, Ohio. Prestasinya diabadikan di Armstrong Air & Space Museum, tempat penghormatan kenangan tentang Armstrong akan dilaksanakan pada Rabu malam.

Penghormatan itu disebut "Wink at the Moon". Keluarga Armstrong menyatakan, "Jika kau berjalan di luar rumah saat langit cerah dan kau liat bulan tersenyum padamu, ingatlah Neil Armstrong dan berkediplah pada bulan."

Curiosity Saingi Misi Neil Armstrong
NASA akan persiapkan jejak bersejarah pendaratan rover ini di Mars.

Neil Armstrong dan Jejak Bersejarahnya

Neil Armstrong dan Jejak Bersejarahnya
Jejak Curiosity di Mars

Neil Armstrong dan Jejak Bersejarahnya
Jejak Kaki Neil Armstrong di bulan
Curiosity, kendaraan robotik atau rover milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang sedang melakukan penjelajahan di Mars, berupaya mengikuti jejak legendaris yang tertinggal oleh Neil Armstrong. Ini sekaligus sebagai bentuk penghormatan terhadap Armstrong, astronot pertama AS yang menginjakkan kakinya ke bulan, yang meninggal Sabtu lalu, 25 Agustus 2012.  Neil Armstrong dan Jejak Bersejarahnya 

Neil dan rekannya, Buzz Aldrin, meninggalkan jejak manusia pertama di bulan. Jejak itu berupa bekas tapak sepatu boot yang berbekas di debu bulan, di tiap langkah yang mereka pijakkan.

NASA kemudian mempersiapkan impresi yang sama terhadap pendaratan Curiosity di Mars. Rover itu mendarat di planet merah pada 5 Agustus 2012, dan kemudian melakukan penjelajahan pertama pada 22 Agustus.

Mengutip LiveScience, kepala peneliti Curiosity di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena-AS, John Grotzinger, mengatakan "gambar ikonik misi itu memperlihatkan empat bekas tancapan dengan jejak roda". Grotzinger kemudian membandingkan foto jejak Curiosity dengan jejak Neil Armstrong.

Saat ditanya apakah Curiosity akan membuat perjalanan yang sama menariknya seperti Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan pilot Michael Collins, Grotzinger menjawab: "Saya pikir selain manusia, robot juga melakukan hal yang hampir sama," ucap Grotzinger. "Analagi itu tentu sangat menarik," lanjutnya.

Kendaraan robotik yang dikembangkan dengan dana US$ 2,5 miliar itu akan melakukan misi penjelajahan selama dua tahun di Mars. Curiosity akan mengeksplorasi kawah Gale untuk mencari apakah ditemukan tanda yang mengungkap adanya (atau pernah ada) kehidupan mikrobial di Mars,

Banyak yang menilai, misi Curiosity sama ambisiusnya dengan misi Apollo 11 yang dilakukan Armstong dan kawan-kawan. Dalam misi Apollo 11, AS memang bersaing dengan Uni Soviet dalam penjelajahan angkasa luar.  Neil Armstrong dan Jejak Bersejarahnya

0 komentar:

Post a Comment