Loading...

20.8.12

Jenis-Jenis Kopi

Jenis-Jenis Kopi , Agan-agan seneng ngopi tapi kadang-kadang (kayak ane) suka agak keder ngelihat nama-nama kopi di menu saat lagi kongkow sama temen2 di kafe? Di bawah ini ada beebrapa info mendasar soal kopi, gan. Lumayan buat sekadar info. Sekadar share....

Ngopi sekarang sudah menjadi hal amat lumrah buat masyarakat urban di Indonesia. Berbagai tempat ngopi ada di mana-mana, dari yang merupakan waralaba dari luar maupun yang bermodal menengah milik orang Indonesia. Saat kita masuk ke kedai-kedai kopi tersebut, berbagai nama kadang masih asing buat sebagian dari kita. Buat Anda yang sebelumnya tidak akrab dengan dengan dunia ngopi, panduan kecil jenis-jenis kopi di bawah ini mungkin akan sedikit membantu sebelum menentukan kopi pesanan.

Berikut Jenis-Jenis Kopi :

Espresso
Espresso merupakan dasar dari jenis-jenis minuman lainnya, seperti latte, cappuccino, macchiato, mocha, atau americano. Kandungan kafein dalam espresso lebih tinggi dari sajian kopi lainnya, tapi sajian ini biasanya dihidangkan dalam porsi kecil, yakni hanya 30 ml. Yang tidak terlalu suka sajian kopi yang kuat jelas jangan memesan espresso kalau lagi kongkow sama teman-teman di kafe.

Jenis-Jenis Kopi

Capuccino
Cappuccino, dari “Capuchin“, kata secara harfiah artinya “tudung kecil. Tudung itu mengacu kepada susu atau krim yang ditambahkan ke segelas espresso dan bentuknya mirip dengan pakaian yang sering dikenakan para anggota anggota Ordo Capuchin, sebuah ordo yang didirikan pada 1525 serta berperan penting mengembalikan Katolik ke Eropa Reformasi. Jadi, capuccino sebenarnya merupakan campuran dari espresso, susu panas, dan buih susu.

Jenis-Jenis Kopi

Macchiato
Caffe macchiato, kadang disebut espresso macchiato, adalah sajian kopi yang dibuat dari espresso dan ditambahi hanya sedikit susu. ‘Macchiato‘ artinya ‘ditandai’ atau ‘dinodai’. DAlam kasus minuman ini, caffe macchiato artinya ‘espresso yang ditandai atau dinodai dengan susu’. Di Portugal, sajian kopi ini disebut cafe pingado, kopi dengan tetesan–maksudnya jelas tetesan susu.

Jenis-Jenis Kopi

Mocha
Caffe mocha atau cafe mocha merupakan salah satu varian caffe latte, yang diinspirasi oleh Kopi Turin Turin, Bicerin. Mirip caffe latte, sajian ini juga merupakan campuran espresso dan susu panas, tapi lalu ditambahi cokelat, biasanya dalam bentuk bubuk kokoa, meski banyak juga yang menggunakan sirup cokelat. Mocha juga kadang mengandung cokelat susu.

Jenis-Jenis Kopi

Caffe Americano
Caffe Americano atau Americano adalah sajian kopi yang dibuat dengan cara menambahkan air panas pada espresso, sehingga kekuatannya mirip tapi rasanya agak beda. Kekuatan Americano bervariasi, bergantung pada jumlah porsi espresso dan air yang ditambahkan.

Jenis-Jenis Kopi

Latte
Latte adalah pemendekan dari caffe latte atau caffellatte, artinya “kopi (dan) susu”. Sajian kopi ini dibuat dengan menggabungkan espresso dan susu sapi atau kedelai yang direbus. Berbagai variannya bisa dalam bentuk berbeda: espresso diganti dengan minuman lain, yakni masala chai, mate, atau matcha.

Jenis-Jenis Kopi

Dengan demikian, latte dalam bahasa Italia berarti susu, sehingga kalau Anda ke Italia dan memesan latte, Anda akan diberi susu

Jenis-Jenis Kopi

0 komentar:

Post a Comment